Anda merasa ‘Stuck’ dalam Hidup ?

Anda merasa ‘Stuck’ dalam Hidup ?

“Forget that life isn’t a stage and people aren’t the audience.

All you have is yourself,  your own perception and your mind. Do you?”

 

Kita adalah makhluk spiritual, yang memiliki hubungan dengan sang Pencipta. Apapun konsep Anda tentang sang Pencipta, Dia adalah “Higher Power” atau “Highest Concept” dalam hidup Anda.

Dalam sesi Self Hypnosis yang sering saya bawakan di 4 Days Getting Slimmer & Younger di Ubud Bali, seringkali saya menemukan kondisi-kondisi yang menarik dari klien saya. Dan seperti biasa, mereka datang dan belajar teknik 7th Path Self Hypnosis dari saya, tetapi saya juga sebenarnya belajar tentang kehidupan dari mereka, Tuhan menciptakan kita sebagai guru sekaligus sebagai murid, bahkan keduanya sekaligus dalam diri kita.

Hal yang seringkali muncul adalah mengenai kondisi ‘STUCK dalam hidup’, dengan pendekatan metode yang saya pelajari,  kita memahami bahwa seringkali ‘kekacauan atau CHAOS’ datang dari kondisi eksternal; seperti contohnya pekerjaan, hubungan, kesehatan, keuangan, dan lain sebagainya (wheel of life), akan mempengarurhi kondisi Internal kita; terutama Feelings (perasaan-perasaan)

Beberapa  perasaan utama (primary feelings) yang biasa kita ketahui adalah; Marah (karena diperlakukan tidak adil), Sedih (kehilangan seseorang atau sesuatu), Bosan (terjebak rutinitas itu itu saja), Takut (muncul khawatir, cemas, panik), Frustasi (sudah berusaha keras tetapi hasilnya tidak seperti yang diharapkan), Kesepian (memiliki pasangan, anak, orang tua, teman, tapi rasanya ia sendirian), Bersalah (melakukan kesalahan ke orang lain atau bahkan ke diri sendiri).

Nah, apa yang terjadi jika perasaan-perasaan ini terus bergumul di diri kita ? bahkan bisa memicu kepada perasaan baru berikutnya atau bahkan meningkatkan intensitasnya? ini yang biasa kita sebut sebagai RUT dalam terjemahan bebasnya artinya kepayahan/keruwetan.

Ibarat seperti benang yang kusut, semakin perasaan-perasaan tersebut berkecamuk, semakin ia merasakan kekusutan itu tidak ada jalan keluar. Jika kita memiliki benang yang kusut, mungkin pilihannya adalah menggunting dan membuangnya, tetapi apa yang terjadi jika yang ‘kusut’ adalah pikiran kita?

Siklus RUT ini bisa semakin melebar dan meningkat, ini yang menjelaskan mengapa seseorang pada tingkatan RUT tertentu, bisa memutuskan untuk mengakhiri hidupnya atau bunuh diri dan ini bisa terjadi pada seseorang dengan latar belakang ekonomi, pendidikan, status sosial, kesehatan fisik, atau keluarga yang baik,

Semakin saya detailkan, akan semakin panjang tulisan ini, dan mungkin Anda ingin langsung pada poin-poinnya saja bukan?

Baiklah; sekarang saya akan mengajak Anda untuk mulai melihat dari sudut pandang saya sebagai Hypnotherapist/Coach yang menggunakan metode 7th Path Self Hypnosis dan mengajak Anda untuk menggunakan ‘KACA PEMBESAR’ agar bisa melihat celah mana yang bisa diurai dari benang kusut tersebut.

Ada 3 Fase yang biasa saya amati dalam membantu klien mengurai RUT tersebut.

1. Contracted Awareness;

Pada fase kesadaran ini, Anda merasa panik/cemas/khawatir dengan kondisi yang sedang menimpa Anda, secara fisik Anda seringkali ‘dissasociated’. Contohnya jika Anda pernah mengalami hal ini:

a. Anda sedang bersama anak balita Anda, dan Anda sibuk ngobrol dengan sahabat Anda, hingga kemudian Anda menyadari ternyata anak anda tidak lagi bersama Anda dan tidak melihat disekitar Anda.

b. Anda sedang duduk didepan komputer kerja, terus kemudian teman Anda bercerita kalau perusahaan akan mengurangi karyawan, dan si bos katanya tidak menyukai Anda di kantor ini.

c. Anda tanpa sengaja melihat pasangan Anda sedang duduk berduaan dengan lawan jenis, sangat dekat dan mereka berbicara dengan nada rendah satu sama lain.

Di kondisi ini, seringkali ‘Chaos’ akan muncul dan ada perubahan kondisi fisik yang tidak ia sadari (jantung berdegup kencang, nafas pendek-pendek, keringat dingin, dan gangguan konsentrasi dan sulit tidur).

Jujur, saya sering ‘menolak’ klien kalau masih dalam fase ini, karena kadang mereka sudah tidak bisa diajak berpikir logis lagi. Segala sesuatu HANYA sesuai dengan Persepsi, Harapan, dan Keyakinannnya. Dan yang diinginkannya hanyalah solusi praktis semata karena ia sedang merasakan “STUCK’,

yup…ia sedang ‘STUCK’, tidak mau diganggu. Beberapa orang merasakan ‘menikmati’ dalam kondisi ini.

 

2. Expanded Awareness

Di fase kesadaran ini,  Anda mulai agak lebih tenang, mulai mau mendengarkan dan secara fisik sudah mulai lebih reda dibandingkan pada fase sebelumnya. Pergeseran pikiran mulai terjadi seiring dengan waktu, jika ada yang mengatakan waktu bisa menyembuhkan, mungkin itu yang dimaksud disini, hanya saja waktu memiliki dimensi yang berbeda bagi seseorang, 3-4 detik bisa dianggap lama dan sebaliknya 3-4 tahun bisa dianggap sebentar.

Di Fase ini tindakan Coaching Therapy sangat tepat, karena Anda mulai ‘membutuhkan’ bantuan pendapat, pemikiran, persepsi, harapan dan keyakinan dari orang lain.

Dalam teknik coaching therapy yang saya lakukan, seringkali Anda akan saya ajak untuk mulai mengembangkan kreatifitas berpikir dan membantu Anda dengan teknik bertanya yang berbobot dan mendengarkan lebih jeli, sebagai upaya agar Anda mampu melakukan proses ‘self coaching’, memberdayakan diri Anda sendiri.

Tanpa disadari oleh Anda, proses ini akan merilekskan fisik Anda, bisa dilihat dari pola nafas Anda, otot wajah/tubuh, dan suhu tubuh Anda, dan mulai berkembang persepsi barunya, harapannya, dan keyakinannya.

Skala perubahan mulai bisa Anda lihat didalam diri Anda sendiri. Ada proses dimanaAnda mulai melakukan pencarian makna dan hikmah dengan apa yang terjadi.

Sama halnya pada fase sebelumnya, seseorang bisa jadi menikmati pada saat-saat ia merasa seolah semua orang perhatian dan memberikan empati-nya kepada Anda. Anda seolah seperti mendapatkan tempat dan ruang untuk berkembang. Hanya saja jangan lama-lama di fase ini, karena Anda ingin segera bertumbuh bukan?

 

3. Pure Awareness

Di fase kesadaran ini, kondisi pikiran dan fisik Anda seolah seperti tidak ada masalah sama sekali, Anda hanya melihat dan merasakan, masalah itu hanya sebatas pada persepsi, harapan, dan keyakinan Anda yang dulu.

Semua sudah berhasil dilalui, terlewati, ada makna dan hikmah yang anda petik, dan ini membawa Anda pada tingkat kreatifitas yang tinggi untuk mencari solusi terbaik.

Dalam metode 7th Path Self Hypnosis, artinya Anda sudah diperbaharui; Tuhan telah memperbaharui kita secara mental diberikan kejadian/peristiwa agar berpikir,

diperbaharui secara emosi yaitu contohnya diberikan rasa marah agar Anda tahu sekarang rasanya damai dan tenang,

diperbaharui secara fisik karena setiap detik sel-sel tubuh kita ber-regenerasi dengan sel yang baru, diberikan rasa nyaman yang sebelumnya merasakan degup jantung yang kencang, nafas yang pendek, keringat dingin, tergantikan dengan kondisi degup jantung yang normal, nafas yang lebih dalam, dan otot-otot tubuh yang rileks dan nyaman.

Yang artinya Anda adalah manusia yang bertumbuh dan sedang ditumbuhkan oleh sang Pencipta.

Disini Anda mulai menyadari bahwa kesembuhan ada didalam pikiran Anda, karena Anda adalah subyek untuk diri Anda sendiri, sedangkan ‘masalah’ atau orang yang membawa masalah, hanyalah utusan yang diberikan kepada Anda untuk mencapai kondisi bertumbuh ini.

Dan ini adalah fase-fase yang mengantarkan Anda lebih bahagia bukan ?

Saya biasanya membantu klien-klien dengan metode Private (One on One) atau berkelompok, berikut ini adalah video cuplikan Grouptherapy selama 4 Hari di Ubud Bali.

All of life come to us with ease, joy and glory.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *